Notification

×
Copyright © Terdepan Mengabarkan Tentang Indonesia

Kuliner

Iklan

Deretan Hukuman 11 Pembunuh Gajah di Aceh Jaya

Detak Terkini
Jumat, 28 Januari 2022, Januari 28, 2022 WIB

 

11 Pembunuh gajah di Aceh Jaya divonis bersalah (Antara)

ACEH JAYA, DetakTerkini.com - Majelis Hakim Pengadilan Negeri Calang, Kabupaten Aceh Jaya menjatuhkan vonis kepada 11 pelaku pembunuhan lima ekor gajah. Mereka dianggap bersalah karena membunuh lima ekor Gajah Sumatera pada awal tahun 2020 lalu di Desa Tuwi Priya, Kecamatan Pasie Raya, Aceh Jaya.

Juru Bicara Pengadilan Negeri Calang, Aceh Jaya, Nadia Yurisa Adila mengatakan, ke 11 orang terdakwa tersebut dibagi dalam dua berkas perkara.

"Berkas pertama, perkara nomor 51 Pid.B/LH/2021/PN Cag dan yang kedua perkara nomor 52 Pid.B/LH/2021/PN Cag dengan rincian perkara pertama terdapat sembilan orang terdakwa sedangkan perkara kedua terdapat dua orang terdakwa," kata Nadia, Jumat (28/1/2022) dikutip dari iNews.id


Nadia menambahkan, Majelis Hakim telah menjatuhkan putusan perkara nomor 51 Pid.B/LH/2021/PN Cag yaitu sembilan orang terdakwa telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah karena telah melakukan tindak pidana yaitu turut serta melakukan perbuatan dengan sengaja memperniagakan bagian lain satwa yang dilindungi sebagaimana dakwaan alternatif kedua penuntut umum.

Kesembilan orang itu yakni:

1. Sudirman, dikenai pidana penjara selama 3 tahun dan 4 bulan serta denda sejumlah Rp50 juta rupiah jika tidak dibayar maka diganti dengan kurungan selama 2 bulan.

2. Muhammad Amin dikenai pidana penjara selama 2 tahun dan 4 bulan serta denda sejumlah Rp50 juta jika tidak dibayar maka diganti dengan kurungan selama 2 bulan.

3. Abdul Majid, pidana penjara selama 10 bulan dan denda sejumlah Rp50 juta, jika tidak dibayar maka diganti dengan kurungan selama 2 bulan.

4. Lukman Hakim, pidana penjara selama 10 bulan dan denda sejumlah Rp50 juta, jika tidak dibayar maka diganti dengan kurungan selama 2 bulan.

5. Muhammad Razi, pidana penjara selama 10 bulan dan denda sejumlah Rp50 juta, jika tidak dibayar maka diganti dengan kurungan selama 2 bulan.

Dinjak-injak Gajah di Taman Nasional

6. Zubardi, pidana penjara selama 10 bulan dan denda sejumlah Rp50 juta, jika tidak dibayar maka diganti dengan kurungan selama 2 bulan.

7. Hamdani, pidana penjara selama 10 bulan dan denda sejumlah Rp50 juta, jika tidak dibayar maka diganti dengan kurungan selama 2 bulan.

8 Hamdani Ilyas, pidana penjara selama 10 bulan dan denda sejumlah Rp50 juta, jika tidak dibayar maka diganti dengan kurungan selama 2 bulan.

9. Supriyadi, pidana penjara selama 10 bulan dan denda sejumlah Rp50 juta, jika tidak dibayar maka diganti dengan kurungan selama 2 bulan.

Selain itu, kata Nadia, di berkas putusan ke dua nomor 52 Pid.B/LH/2021/PN Cag terdapat dua orang terdakwa yaitu M. Noor B. bin Alm. Bardan dan Isdul Farsi bin Zulkifli.

"Masing-masing terdakwa dikenai pidana penjara selama 1 tahun dan 10 bulan serta denda sejumlah Rp 50 juta jika tidak dibayar maka diganti dengan kurungan selama 2 bulan," katanya.

Kedua terdakwa tersebut telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana turut serta melakukan perbuatan dengan sengaja memperniagakan bagian lain satwa yang dilindungi.

"Adapun perbedaan lamanya pidana yang dijatuhkan kepada Para Terdakwa tersebut karena Majelis Hakim mempertimbangkan peran dari masing-masing Para Terdakwa saat melakukan tindak pidana,” kata Nadia.
Komentar

Tampilkan

  • Deretan Hukuman 11 Pembunuh Gajah di Aceh Jaya
  • 0

FEC MEDIA NETWORK

Topik Populer

Iklan Dalam Feed