Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Tangani Karhutla di Aceh Barat, Polri Kenalkan Aplikasi Digital Asap

Selasa, 16 Maret 2021 | Maret 16, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-03-16T08:51:15Z

 

Bupati, Kapolres dan Dandim saat mengikuti kegiatan Vicon (Foto:Ist)


Aceh, Detakterkini.com- Polri membahas soal penanganan Karhutla di Aceh Barat Melalui vidio conference Pemerintah Kabupaten Aceh Barat acara berlangsung di aula Mapolres setempat, dihadiri unsur Forkampimda, Senin (15/03/21).


Pada kegiatan Vicon dalam rangka koordinasi penanganan Karhutla itu. Mabes Polri juga mengenalkan aplikasi digital Asap untuk mencegah meluasnya titik api di area Karhutla, kepada Pemkab Aceh Barat.


Asops Kapolri Irjen. Pol. Drs. Imam Sugianto, M.Si. ,mengatakan, untuk mencegah Karhutla perlu adanya terobosan, terutama di bidang sistem informasi digital.


Salah satunya adalah aplikasi berbasis digital yang bernama Aplikasi Sistem Analisa Pengendalian Karhutla atau yang di singkat Asap Digital, ungkapnya.


Dia berharap, Asap Digital ini bisa dipergunakan untuk memantau kondisi di daerah yang menjadi kawasan rawan Karhutla secara realtime selama 24 jam penuh. Asap digital akan merekam seluruh informasi yang dibutuhkan untuk penanganan Karhutla, seperti data visual, kondisi udara, hotspot, serta data prakiraan cuaca, tambahnya.


“Untuk mensukseskan program Asap digital ini kita akan menggandeng PT Telkom, guna membangun sistem jaringan yang akan terkoneksi ke seluruh kawasan yang rawan Karhutla” kata Imam menjelaskan.


Menurut Imam, aplikasi Asap dapat mendeteksi asap yang bersumber dari api yang kemudian di terima oleh petugas Command Center.


Sehingga dengan kecepatan informasi itu diharapkan Satgas Karhutla bisa melakukan pencegahan serta pemadaman dengan cepat sesuai arahan yang di sampaikan Presiden Joko Widodo.


“Maka dalam penerapan aplikasi Asap Digital ini perlu adanya sinergi yang baik dengan seluruh stake holder,  dalam penanganan Karhutla di seluruh Indonesia, tutup Imam.


×
Berita Terbaru Update